DESAIN PEMBELAJARAN GAMING BERBASIS LEARNING PROGRESSION Meningkatkan Pedagogical Content Knowledge Guru melalui Pembelajaran yang Bermakna dan Menyenangkan (preorder)
Author : Murni Ramli, dkk.
Publisher : UNS Press
Harga : Rp 0
ISBN : -
Bulan / Tahun Terbit : November / 2022
Jumlah Halaman : 113 halaman
Panjang x Lebar Buku : 16 x 25 cm
Kertas : HVS 70 gsm

Gambar Produk Gambar Produk
Judul Buku :DESAIN PEMBELAJARAN GAMING BERBASIS LEARNING PROGRESSION Meningkatkan Pedagogical Content Knowledge Guru melalui Pembelajaran yang Bermakna dan Menyenangkan (preorder)
Author : Murni Ramli, dkk.
Publisher : UNS Press
Harga : Rp 0
ISBN : -
Bulan / Tahun Terbit : November / 2022
Jumlah Halaman : 113 halaman
Panjang x Lebar Buku : 16 x 25 cm
Kertas : HVS 70 gsm

Sinopsis :
Karakteristik pendidikan pada abad 21 menuntut adanya peningkatan pedagogical content knowledge (PCK) guru-guru sains menjadi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Salah satunya adalah kemampuan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu Game-Based Learning. Pembelajaran berbasis gaming merupakan salah satu variasi desain pembelajaran yang tidak saja dapat memahamkan siswa pada konsep-konsep yang dipelajari, namun sekaligus mampu melatih keterampilan-keterampilan abad 21. Untuk dapat menjamin terlatihkannya keterampilan berpikir abad 21 dan juga menghindarkan siswa dari miskonsepsi, maka pengembangan game-based learning perlu didasarkan pada Learning progression. Learning progression merupakan urutan konsep yang menggambarkan cara berpikir yang lebih kompleks dari waktu ke waktu, seiring dengan meningkatnya jenjang pendidikan dan kemampuan melogika peserta didik. Learning progression dapat menjadi acuan untuk merancang keselarasan kurikulum, menyusun rencana pelaksanaan proses pengajaran, dan penilaian. Kombinasi gaming berbasis learning progression dapat menciptakan pembelajaran yang konkret, kompleks, dan menyenangkan. Gaming memberikan pengalaman yang unik dan efektif. Pembelajaran ini dapat mengembangkan ranah kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif pembelajar. Buku ini dapat menjadi rujukan bagi guru, dosen, mahasiswa calon guru, dan peminat pendidikan tentang bagaimana mengembangkan produk gaming based learning, mendesain pembelajarannya, mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh desain dan media gaming learning berbasis learning progression. Selamat membaca dan mempraktikkan!. .